Perkuliahan hal yang biasa di lakukan oleh Mahasiswa. Yaiyalah namanya juga Mahasiswa. Kalau Petani ya kebiasaannya bertani, bukan kuliah. Parah.

Lalu, bagaimana ketika kita sebagai Mahasiswa yang sudah berusaha bangun pagi setelah begadang sampai subuh, bahkan sama sekali tidak tidur demi untuk bisa masuk Kuliah di pagi hari? Tapi, yang ada Dosennya malah gak hadir? Pasti rasanya sangat ngebetein dan ngenes banget dah bagi Mahasiswa yang merasakan hal yang seperti itu. Apalagi tempat tinggal jaraknya cukup jauh dengan kampus. Ngeri pokonya. Horor.

Di tengah perkuliahan menjelang Ujian Akhir Semester yang di waktu itulah biasanya banyak kejar tugas ataupun kejar materi perkuliahan supaya Ujian Akhir Semester berjalan dengan baik. Mahasiswa bisa mempersiapkan segalanya untuk mencapai nilai/hasil yang baik.

Tapi, problemnya Bapak/Ibu Dosen malah jarang hadir bahkan untuk tugaspun tak pernah di berikan kepada mahasiswa. Bukan hanya itu, yang membuat mahasiswa lebih kesal lagi ialah ketika dosen memberikan kabar di pagi harinya. Bahkan telat. Kan varah. (Emotnya tepuk jidat)

Lalu, mahasiswa pernah gak bertanya. Kenapa sih dosen ini jarang hadir? Kenapa gak memberikan tugas? Ada apa? Kebanyakan mahasiswa hanya bertanya “hari ini dosen hadir gak?” Jarang lah yang bertanya “kenapa yah dosen jarang hadir?, Jarang memberi tugas? Apakah ada yang salah dengan kelas? Dengan suasananya? Dengan mahasiswanya? Atau hal lain mungkin?” Jarang sekali ada yang bertanya hal itu.

Mahasiswa malah terbawa suasana. Ketika dosennya jarang hadir. Dia malah gak pernah hadir. Bahkan satu semester hadir hanya pas UTS dan UAS. Varah banget tuh mahasiswa. Malah ikut-ikutan yang akhirnya suasana kelas makin suram.

Nah. Solusinya, marilah ketika perkuliahan itu antara dosen dan mahasiswa lebih terlihat aktip. Aktip pada waktunya. Biasanya di kelas ada sesi diskusi, sesi tanya jawab dan ada dimana komunikasi hanya satu arah. Yaitu dari dosen ke mahasiswa. Jangan di tuker. Ketika dosen menerangkan mateti mahasiswa malah foto-foto atau ngobrol, atau curhat dalam tulisan. Mungkin saja kan? Hal itu yang membuat dosen makin males masuk kelas.

Bro/sis, mahasiswa yang baik, ganteng/cantik yang juga jarang ngerjain tugas. Sudah bukan lagi saatnya lah seorang mahasiswa terlalu banyak di tegus atau di ingatkan. Sudah saatnya mahasiswa berinisiatif. Dosenpun manusia. Ketika kita menuntut hak atau mengkritisi. Kan sangat bodoh ketika tidak sambil memberikan solusi.

Terima kasih. (Emot titik dua bintang)

Penulis.